Menu

Rabu, 12 November 2014

Peta - Peta Kerja



Berbicara tentang perancangan sistem kerja,tidak lepas dari duanama yaitu F.W. Taylor dan F.B. Gilbert, dua orang yang mengawali perkembangan ilmu ini. Memang dari penelitian merekalah, walaupun tidak dilakukan bersama-sama, yang dikemudian hari sampai sekarang  digabungkan menjadi satu kesatuan yang dikenal sebagai perancangan sistem kerja atau methods engineering.Peta kerja pada umumnya merupakan alat yang sistematis didalam mengumpulkan semua fakta berkenaan dengan  sistem kerja yang diamati,sehingga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan fakta-fakta tersebu kepada orang lain.Peta keja sendiri adalah suatu alat yang menggambarkan kegiatan kerja secara sistematis dan jelas untuk mengkomunikasikan hasil kerja tersebut pada pihak yang berkepentingan.

Pada dasarnya peta kerja dapat dibagi kedalam dua kelompok besar yaitu:
1.         Peta-peta yang digunakan untuk menganalisis kegiatan kerja keseluruhan.
2.         Peta-peta yang digunakan untuk menganalisis kegiatan kerja setempat.
Masing-masing peta kerja yang akan dibahas ini semuanya termasuk dalam kedua kelompok diatas, yaitu:

1. Peta Kerja Keseluruhan.
 a. Peta Proses Operasi.
   Suatu peta proses operasi menggambarkan langkah-langkah operasi dan pemeriksaan yang dialami bahan   dalam urutan-urutannya sejak awal sampai menjadi produk jadi utuh maupun sebagai bagian setengah jadi.
b. Peta Aliran Proses.
Peta aliran proses adalah suatu diagram yang menunjukkan urutan-urutan dari operasi, pemeriksaan, transportasi, menunggu dan pentimpanan yang terjadi selama satu proses atau prosedur berlangsung.

c. Diagram Alir.
Diagram alir merupakan suatu gambaran menurut skala dari susunan lantai dan gedung yang menunjukkan lokasi dari semua aktivitas yang terjadi didalam peta aliran proses,yang berarti pergerakan suatu material atau orang dari suatu tempat ke tempat berikutnya,dinyatakan oleh garis aliran dalam diagram tersebut.
d. Peta Perakitan.

Peta perakitan atau assembly chart adalah gambaran grafis dari urutan-urutan aliran komponen dan rakitan bagian (sub assembly) kedalam rakitan suatu produk.

 e. Peta Proses Kelompok Kerja
Peta Proses Kelompok Kerja (GPC). Peta Proses Kelompok Kerja merupakan bagian dari peta aliran proses.

2. Peta Kerja Setempat.
a. Peta Pekerja dan Mesin.

Peta pekerja mesin merupakan peta pertama yang termasuk kelompok kegiatan setempat. Peta ini dapat dipergunakan sebagaai alat untuk mempermudah perbaikan suatu sistem kerja, sehingga tercapai suatu keadaan ideal untuk saat itu
b. Peta Tangan Kiri Tangan Kanan.
Peta tangan kanan-tangan kiri merupakan suatu alat dari studi gerakan untuk menentukan gerakan-gerakan yang efisien,yaitu gerakan-gerakan yang memang diperlukan untuk melaksanakan suatu pekerjaan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar